Senin, 28 April 2008

HSG

18 Februari 2008

HSG Test..

Oya aku baru inget, Dr. Aucky sebetulnya ingin menyarankan aku HSG bulan Desember, tapi dia bilang, nanti aja tahun depan, jangan waktu2 liburan, nti ndak enak.. gak isa liburan..
waktu itu aku nggak ngerti maksudnya.. setelah menjalani testnya, aku baru tau....

Tahun 2008 ini juga pas aku memutuskan untuk berhenti bekerja. Jadi mulai 1 Januari 2008, aku sudah resmi tidak bekerja, dengan harapan agar badanku lebih beristirahat, dan pikiran fresh (demi menurunkan prolaktin)

The test.
Test dilakukan di Pramita.. untung banget waktu itu ada promo BCA. Jadi didiskon 15%, totalnya jadi 446.250. lumayan.. dapet diskon hampir 80 rb

The doctor : Dr. Nifa

The process....

Pertama, aku diminta ganti baju dengan jubah, seperti jubah mandi. Kemudian diminta berbaring di meja rontgent.. dingin2 gitu... Tidurnya diujung meja rontgent.. karena organ dalam mau diutak atik sama dokter.. (untung dokternya cewek.. jadi lebih nggak risih, walaupun ya tetep risih juga sih )

Terasa ada alat yang dimasukkan, aku nggak liat.. rada ngeri sih.. Dia mengatakan ada sisa darah haid, dan minta ijin untuk dibersihkan.. aku ok ok aja. Selama proses kadang terasa seperti sakit mens (dilep), batas rasa tidak nyamannya masih bisa aku terima.

Setelah selesai dibersihkan baru cairan itu dimasukkan.. rasanya nyeri seperti dilep.. Kemudian aku disiapkan untuk difoto.. diminta berpose maksudnya.. ada yang baring biasa, ada yang miring kiri dan kanan. terus selesai.

Dari foto tersebut, aku dibritau Dr. Nifa bahwa rahimku terbalik.. aku sih nggak seberapa ngerti..

Selesai proses. aku diminta berbaring dulu (istirahat) 15 menit.. selama itu Dr. Nifa ngajak ngobrol2.. dia kasih banyak saran2 supaya aku cepet hamil.. seperti ibu ke anaknya gitu... hehehe....

beberapa sarannya...

- Setelah ML, baring dengan pantat diganjal bantal -2 kalo perlu- trus kaki diangkat ke dinding.

- Sebelum ML buang air kecil dulu, supaya nti setelah selesai nggak keburu bangun gara2 kebelet pipis

- Suami tidur dulu 1-2 jam sebelum ML, supaya kualitas spermanya bagus

- Gak perlu orgasme... hehehe...(yang ini vulgar banget...:p)

Pulang dari Lab, aku baru bener2 ngeh apa maksud perkataan Dr. Aucky yang dia menunda HSG supaya tidak dilakukan bulan Desember.. 2 jam setelah aku sampai rumah.. perutku kram... a very heavy cramp!!

aku cuman bisa mlungker di atas ranjang, sambil gak bisa menahan air mata... gile.. gak pernah aku ngerasa sakit kayak gitu.. aku minum ponstan 500mg gak mempan.... aku kompres pakai bantal panas, dan akhirnya aku tertidur..

Aku bangun 2 jam kemudian, udah much better... tapi masih belum bisa berjalan tegak.. masih tertatih2.. sampai besok lusanya..

Sebetulnya sih proses HSG gak menyakitkan, tapi dalam kasusku ini, aku menduga bahwa aku di kiret.. dokter bilang dia akan membersihkan sisa2 darah haid... yah... aku berkesimpulan aku dikiret, dengan bius lokal.. that's why ketika aku pulang rumah, bius habis...

Dari beberapa artikel yang aku baca, kemungkinan besar untuk hamil setelah HSG cukup tinggi. rata2 3 bulan pertama langsung hamil...

I wish.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar