Jumat, 11 April 2008

Hormone Test

Nopember 07

Setelah ternyata aku mens lagi bulan depannya, dokter segera menyarankan aku untuk test hormon.
Tes ini dilakukan di Lab-nya Fertility Clinic sendiri, ada 4 jenis hormon yang di periksa, yaitu LH, FSH. prolactin, estradiol, total biayanya biayanya Rp. 600.000.

Test hormon ini dilakukan pada hari ke 1-3 haid, itu karena pada saat menstruasi, kondisi hormon semua lagi netral, lagi non aktif lah. Jadi pada hari-hari tersebut diperiksa apakah kandungan hormon dalam tubuhku normal.

Sedikit keterangan tentang hormon-hormon tersebut :

LH (Luteinizing hormone)
Hormon yang bertugas untuk mematangkan sel telur

FSH(follicle-stimulating hormone)
Hormon yang bertugas melepaskan sel telur

Prolactin
Hormon ini dikeluarkan oleh pituitary gland, di otak. hormon ini yang merangsang air susu pada ibu menyusui. Dan kerja prolactin ini akan menge-blok pematangan sel telur. That's why ASI eksklusif merupakan KB alami untuk ibu2 yang baru saja melahirkan. Prolactin juga dapat dipicu oleh stress, kecapekan, atau kurang tidur (info dari dokter)

Estradiol
Hormon estrogen, hormon yang menunjang kegiatan organ2 reproduksi

Nilai Normal Hormon2 tsb :
LH 1.5-8 mlU/ml
FSH 3.9-12mlU/ml
Prolaktin 1.3-25 ng/ml
Estradiol 18-147 pg/ml

My test : LH terlalu rendah, prolaktin terlalu tinggi.
Itu menjelaskan mengapa aku nggak hamil2.. karena selama ini sel telurku tidak ada yang matang.
Treatment yang aku dapat : obat2an...

untuk LH-nya aku diberi serophene
untuk prolaktinnya aku diberi parlodel

Dari sini aku cukup lega karena akhirnya aku mengetahui salah satu penyebab kenapa aku nggak hamil hamil. Semoga obat2 an ini mampu membuat kadar hormonku menjadi normal..

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Salam kenal ya... aku ingin tau cara'y tes hormon itu sprti apa ya ?? Apa sprti hsg ? Mksih yaa....

    BalasHapus
  3. Salam kenal ya...tes hormon itu sprti apa ya ?

    BalasHapus
  4. Seperti tes darah biasa, tetapi dilakukannya pada hari 1-3 mens.

    BalasHapus