Jumat, 27 Juni 2008

Hindari Kedelai.. buat yang lagi ingin hamil

Entah aku yang udik, atau memang informasi ini kurang dibahas yah?

Selama ini yang aku ketahui, makanan yang harus dihindari oleh yang sedang ingin hamil itu makanan yang mengandung caffein, alkohol, dan rokok.

Gara2 sekarang aku lagi ingin berat badanku menurunkan beberapa kilo, beberapa hari ini aku banyak browsing ttg makanan/diet, olah raga yang aman buat yang lagi merencanakan kehamilan... dan yang memperbesar kemungkinan untuk hamil.

Dari browsing2, aku menemukan informasi ttg kedelai ini.. ternyata banyak web site yang membahas masalah ini.. dari yang berbahasa indo dan inggris..

Berikut artikel yang aku dapat dari http://www.menstruasi.com/ (bahasa indonesia aja, supaya lebih mudah bacanya :p)

Latest Research : Hindari Kedelai agar Hamil

Mungkin Anda sudah tahu bahwa kedelai dan produk olahannya, seperti; tempe, tahu, susu kedelai memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Selain bisa menjauhkan perempuan dari bahaya kanker payudara dan jantung. Kedelai semula dianggap manjur meningkatkan kesuburan. Tetapi Profesor Lynn Fraser, seorang pakar fertilitas dari King's College London membantah khasiat kedelai yang berhubungan dengan reproduksi. Menurut Profesor Lynn, jika ingin segera hamil perempuan justru dianjurkan menghindari kedelai dan produk olahannya.

“Kedelai mengandung senyawa genistein, yang ternyata berefek meredam aktivitas sel sperma yang tengah berenang menuju sel telur. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap manusia,” ujar Profesor Lynn.

Hasil penelitian yang dipresentasikan pada konferensi fertilitas Eropa, European Society for Human Reproduction and Embryology dan telah dipublikasikan oleh newscientist.com beberapa waktu lalu ini mengungkapkan bahwa sekalipun hanya sedikit, genistein tetap berbahaya. Secara praktis Profesor Lynn menyarankan agar perempuan yang ingin hamil tidak mengonsumsi kedelai selama masa subur.

“Penelitian ini tidak menyarankan perempuan untuk berhenti mengonsumsi kedelai. Perempuan tidak akan langsung subur ketika ia berhenti mengkonsumsi kedelai. Namun setidaknya, mengurangi konsumsi kedelai bisa meningkatkan peluang hamil,” ujar Profesor Lynn.


Padahal selama ini.. aku banyak banget makan kedelai.. :(
Keluarga suamiku ini penggemar berat tahu dan tempe... so hampir tiap hari aku makan tahu dan tempe... :(

Apakah berita ini cuman hoax atau betulan... you decide it by your self..
karena ada testimony yang bilang mereka hamil walaupun makan kedelai..
aku pikir, bagaimanapun, peristiwa kehamilan adalah betul2 Tuhan yang atur.

1 komentar:

  1. ah yang bener??? Aku demen banget sama tahu, tempe & susu kedelai. Kalo bener, wah.. :(

    BalasHapus