Kamis, 26 Juni 2008

PCO (Polycistic Ovarium)

Beberapa bulan lalu, mertua aku pernah cerita seorang anak temannya yang berobat di Singapore dalam rangka TTC -trying to conceive.. dan ternyata sama dokter disana malah diberi obat diabetes.. dan ternyata betul tuh hamil..
Bingung kan? masa pengen hamil kok malah dikasih obat diabetes..
Nah hari ini aku baru tau hubungannya..

Bagi yang lagi suka cari2 info gmn caranya supaya cepat hamil pasti sering baca ttg PCO (Polycistic Ovarium).. atau bahkan ada yang didiagnosa PCO oleh dokter...

Singkatnya, PCO ini berarti kondisi dimana sel telurnya banyak, tapi kecil2 / tidak matang.

Berikut ini artikel yang aku dapatkan dari sebuah blog ... semoga membantu...
dia didiagnosa PCO, diberi obat diabetes, dan diminta menurunkan berat badannya

Yang aku baru tau, PCO ternyata salah satunya berhubungan dengan insulin..

This is the article :

PCO

PCO / PCOS merupakan kumpulan gejala yang terjadi karena adanya gangguan keseimbangan metabolisme hormon. Gejala-gejala itu dapat berupa: tidak ada mens atau mens tidak teratur, obesitas terutama dibagian perut, jerawat, pertumbuhan rambut yang lebat, sampai adanya gangguan tidur.

Hormon yang terganggu disini biasanya adalah Androgens dan Estrogen. Didalam Ovarium, Androgens akan dirubah menjadi Estrogen dengan pengaruh dari hormon FSH. Estrogen (yang dalam jumlah tertentu)lah yang akan mempengaruhi terjadinya Ovulasi, dengan adanya Ovulasi maka akan terjadi mens dan dapat terjadi kehamilan. Namun, pada pasien PCO, kadar FSH relatif rendah, sehingga Estrogen pun menjadi relatif menurun, sehingga akan terjadi gangguan Ovulasi.

Derajat terjadinya gangguan Ovulasi tiap-tiap orang akan berbeda, tergantung berat ringannya gangguan hormon tersebut diatas.

PCO juga berhubungan dengan gangguan hormon Insulin, artinya Insulin dalam tubuh tidak dapat digunakan secara maksimal. Gangguan ini biasa terjadi pada orang dengan Diabetes. Namun tidak dapat berarti adanya gangguan menstruasi berarti menderita PCO...

PCO biasanya mudah dikenali dari pemeriksaan USG, jadi tidak memerlukan pemeriksaan khusus untuk tahu PCO atau tidak..baru kemudian jika sudah (+), akan dicari penyebabnya atau akan langsung diberikan obat untuk mengatasinya...

Jadi mungkin intinya adalah kita harus sehat dulu yah, baru semua fungsi2 ditubuh kita bisa berjalan normal.. (perkecualian bagi yang memang ada punya kelainan pada organ fisik reproduksi)..

Seorang kakak dari temanku, 2 tahun lebih berusaha untuk hamil, akhirnya hamil justru saat dia lagi giat2nya berolah raga untuk menurunkan berat badannya. Dia memang disarankan untuk menurunkan berat badannya oleh dokternya, aku sendiri sih nggak tau apakah dia PCO atau tidak..

Aku baca2 juga di milis , beberapa orang yang didiagnosa PCO, setelah menurunkan berat badannya, mereka hamil..

Kesimpulanku sekarang sih, sepertinya aku harus mulai rajin berolah raga. Buat teman2 yang tidak punya waktu khusus untuk berolah raga, yah paling tidak try to stay active.
Dan bagi yang memang tergolong overweight, yah mau gak mau harus dipaksa untuk berolah raga..

Kalaupun nggak hamil, paling tidak, badan jadi sehat khan?


Bagi yang butuh informasi ttg PCO, silahkan browsing lagi/ tanya dokter.. informasi yang saya tulis disini bukan tulisan yang bisa dijadikan acuan.

31 komentar:

  1. Hai.. aku dah baca blogmu diem2, ndak ninggalin komentar :D
    Btw, aku didiagnosis PCO sama dokter. Taunya dari hasil tes hormon. LH sama FSHku tinggi, malah LH:FSH 2:1 yg normalnya 1:1. Aku dikasi obat diabetes itu, namanya glucophage sama pil kb diane35.
    Aku si sama sekali ndak ada tanda2 orang PCO. Mens lancar & ndak sakit. Makanya heran jg.

    Yak, olahraga emang penting. Ayuk semangat! :D

    BalasHapus
  2. Dari hasil browsing2ku, banyak kok yang awalnya didiagnosis PCOS kemudian hamil..

    There's Hope..

    Semangat !!

    salam kenal..:)

    BalasHapus
  3. saya telah di diagnosa pco selama 6thn ini dgn bbrp dokter, dokter menyrnkan minum obat pil kb diane35dan turunkan bb, mmg stlh mnm pil kb tsb mens saya teratur ttpi bb saya malah naik terus sampai skrg, upaya saya turunkan bb saya tdk berhasil samasekali, saya sgt ingin hamil sehinggs stress berat akibatnya bb saya terus naik dan tdk mgkn lg bisa turun,pco saya tmbh parah dokter sarankan op bor rahim utk penumpukannya, saya tdk berani, saya jg blm pernah test hormon atapun diabetes, umur saya skrg 28th, saya sgt ingin hamil, sayabenar2 putus asa, apakah ada obat yg bisa mengobati penyakit dan masalah saya ini tolonglah.., apa yg hrs saya lakukan, saya jg ingin bb turun tp setiap usaha saya malah mnbh stress dan bb saya naik lg...

    BalasHapus
  4. buat Victoria, aku juga divonis PCO dan tentu saja sangat ingin hamil sekali. Tapi aku berhasil untuk menurunkan BB yang selama ini suasah banget bagiku. Coba aja mengubah pola makan dengan "FOOD COMBINING (FC)". browsing aja di milis FCI or Andang Gunawan pencetus FC di Indonesia. . Btw aku bisa turunin 6kg tanpa rutin olahraga. pa lagi kalopake OR tentulebih maksimal.Good Luck...!!

    BalasHapus
  5. hai khanza...lam kenal yah
    wah hebat bgt km bs turun 6kg tanpa OR?dlm wkt brp lama?and km konsisten bgt y?aq jg lg coba jalanin FC,ada hasilnya sih,tp gak secepat km,pdhl aq rajin OR lho,abis aq suka ngelanggar sih...
    aq jg ada PCO&disrh turunkan BB jg sm 2dokter,pdhl aq g gemuk bgt lho,cm perutnya aja yg endut...

    BalasHapus
  6. lama...sieh...berbulan2, sekitar 6 bulanan leubih...dari sekarang seh dah 1 tahunan.tapi melanggarnya hampir tiap hari, he...he.. :) ga begitu konsisten kok!!

    BalasHapus
  7. hai semua salam kenal.. iya kayanya PCO itu kaga pandang bulu... beratku cuma 42 kg dong..tapi kata dokter aku PCO. aku udah 2,5 tahun merit, dah 2x dikuret gara2 janin ga berkembang.. dikasih obat forbetes 2x1 dugh ga kuat euy.. mual berattt... sekarang bb ku jadi turun 40 kg gara2 nafsu makanku ilang.. tp belom hamil juga.. :(

    BalasHapus
  8. apakah tanda2 PCO hanya mens yg tidak teratur?

    BalasHapus
  9. hai semua salam kenal..jangan khawatir dan stress yg sudah diagnosa dokter PCO..saya anak pertama menunggu selama 2 tahun perkawinan..saya juga diagnosa dokter terkena PCO..tapi saya bisa mempunyai anak setelah sekian lama selama 2 tahun menunggu ..hanya berusaha,sabar dan tentunya banyak berdoa..Tuhan adalah dokter dari segala Dokter..Amin..Teman" jangan putus asa..hehehe..

    BalasHapus
  10. salam kenal juga...
    saya PCO dah 10 tahun nikah..pindah dari satu dokter ke dokter lain...udah minum glucopaq setaun lebih belum ada hasil sampai sekarang..BB dulu gak berat..sekarang jadi berat deh ;)
    buat yang mau dibor..saya tidak direkomen sama dokter (Bunda Menteng) karena hasil riset terakhir kalau utk kasus PCO bisa meningkatkan hormon FSH nya secara agresif n bikin menopause dini..so second opinion sangat dianjurkan.
    BB memang mesti diturunin karena kata dokterku kalau lemaknya susut, begitu pula estrogen karena dia diikat oleh lemak tubuh..
    so segera turunin BB..(walaupun susahnya mana tahan)...

    BalasHapus
  11. hi all...
    gw wkt itu blum positive PCO, tapi dokter wkt itu bilang "kemungkinan PCO" . Bener tuh yang bilang PCO ga pandang bulu. Mens gw teratur setiap bulannya + berat badan gw malah dibawah normal (45kg). Waktu itu gw udah nikah 6 bulan, dan penasaran kok ga hamil2. Akhirnya dokter kasih gw obat diabetes (gluko apa gitu) dan obat penyubur. Disuruh coba 3 bulan, plus di suruh olah raga, and jaga pola makan (di suruh diet carbo). Ya udah deh, lgs ikut fitnes (treadmil aja + filates), 3 kali seminggu.Bela2 in pulang kantor jam 7, biar bisa fitnes. Trus diet carbo, stop minum bersoda + gula (teh manis), jadi air putih aja. Tiap hari makannya cuma gado2 atau karedok, malam makan buah, kalo pun makan nasi cuma 1/2 dari porsi biasa. Sebulan ga berhasil, 2 bulan ga berhasil, 3 bulan ga berhasil, sampe desperado gitu. Alhamdulillah pas 4 bulan bisa juga hamil. BB gw smp turun 3 kg gara2 itu. But it's worthied. Anyway, suami juga melakukan hal yg sama, dia Fitnes, jaga pola makan dan minum obat dari dokter (mahal bener).. tapi skrg,, kehamilan gw udh 8 bulan, tinggal tunggu 1 bulan until the baby comes.. yang penting disiplin aja and niat, insyaAllah bisa

    BalasHapus
  12. hai Pricesa....

    aku udah 5 bulan nikah agak mulai kepikiran kok blm hamil juga dan desakan dari orang tua yg pgn banget punya cucu....mens ku bener2 ga teratur setiap bulan pasti telat sekitar 1 minggu, dan untuk bulan ini aku telat 1 bulan udah GR kalo hamil karna aku merasakan pusing dan mual...tapi udah 2 kali testpaxk selalu negatif sampe2 aku nangis ke suami saking pengen nya hamil hiks....:( alhamdulillah suami ku sabar dan dia selalu semangatin aku...kmrn setelah telat 27 hari tgl 27 nov 2010 aku ke dokter RS. HARKIT ketemu Dr. Agus baik banget dia...aku cek darah dan hasil nya FSH aku tinggi karna faktor yg biasa nya untuk cewe berbulu banyak pas banget sama aku katanya itu hormon cowo nya lebih banyak dari hormon cewe untuk pembuahan...trus aku USG alhamdulillah rahim baik2 aja dan sehat kelihatan banyak telor2 kecil tapi tidah ada yg besar yg lebih dominan....normalnya seharusnya ada 1 telur yg dominan lebih besar untuk pembuahan...dan aku dikasih obat buat biar mens dan dikasih obat buat hormon seimbang namanya Metformin, nanti kalo sudah mens hari ke dua dateng lagi ke Dr. nya baru dikasih obat penyubur...aku juga disuruh turunin badan padahal aku merasa BB aku normal sekarang 52kg....seneng banget baca blog ini sangat bermanfaat ditengah2 ketakutan ku yg pengen banget hamil....oiya Princesa nama obat penyubur nya apa???seberapa mahal harganya??thanks

    BalasHapus
  13. HiPrincesa....

    aku baru nikah 5 bulan dan blm hamil...aku memang biasa telat mens tiap bulan biasanya telat 1 minggu, dan untuk bulan ini aku udah telat 27 hari udah GR kalo hamil karna aku merasa pusing dan mual, tapi 2 testpack 2 kali negatif terus sampe nangis deh karna pgn banget hamil...alhamdulillah suami ku selalu semangatin aku walaupun kepikiran banget..kmrn tgl 27 nov 2010 aku cek ke Dr. RS. Harkit aku cek darah dan hasil nya FSH nya tinggi katanya aku PCO biasanya karna wanita yg banyak bulu nya kaya aku itu cenderung kena PCO walaupun tdk semuanya...aku USG alhamdulillah rahim nya bagus dan sehat cuma memang banyak telur2 kecil seharusnya ada yg dominan besar buat pembuahan...trus aku dikasih obat buat mens "Lutenyl" sama obat buat hormon nya "Metformin" yg bikin mual...aku juga disuruh nurunin berat badan padahal aku merasa bb aku normal 52kg hehehe....senangnya aku baca blog km yg akhirnya bisa hamil jd semangat deehh...btw km dikasih obat penyubur apa???semahal apa harganya???thanks yaaa...:)

    BalasHapus
  14. aku juga baru kemarin ke dokter gara2 mensku lama dan sering banget, kl mens ga lancar, dikit2 banget, bisa sampe 2 minggu, trus 5hari kemuadian mens lagi...
    maka dari itu, takut knapa2, aku priksalah ke specialis kandungan,,, dan aku di vonis pco. sediiih,,, banget... padahal uda pengen,,, banget punya baby, ada yang manggil aku bunda... T_T
    takutnya kalo sampe lama ga sembuh2... kebayang kata dokternya, 3 bulan lagi cek lagi, trus nanti 3 bulan selanjutnya di cek lagi...
    rasanya uda bakalan lama banget ga sembuh2 aja... mana mahal banget pula obatnya...
    hux,, so sad
    akhirnya nemu forum ini,,, merasa menemukan harapan, karena ada yang 4 bulan uda sembuh, tapi jadi takut juga, ada yang 5tahun ga sembuh2... T_T
    pikiran masi kacaw banget, campur aduk rasanya...
    bersyukur, ga kena kista atau kanker yang pastinya bakal lebih parah...
    tapi kata dokter, pco susah sembuhnya...
    God... hux... what should i do...

    BalasHapus
  15. hai all..

    ak sudah 4 bulan nikah, bulan lalu ak coba cek kedokter,memang terlalu dini untuk pernikahan 4 bulan cek kedokter,tapi tidak ada salahnya kan..ternyata dari pengecekan tersebut aku di diagnosa PCO hormon LH:FSH 1.6:1 seharusnya 1:1..tapi berat badanku normal dan ak ga ada diabetes

    dari dokter ak dikasih dokter obat metformin tapi anehnya ak kok ga mual ya dikasih obat itu malah hampir tidak ada tanda2 ga enak cuma mules2 aj kaya masuk angin..

    baca komen2 teman2 yang lain ak semakin semangat untuk olah raga dan makan-makanan yang bergizi memang harus semangat!!!

    memang olah raga dan nurunin BB ya yg paling berpengaruh mudah2an ak bisa berhasil juga seperti kalian..

    intinya adalah menjalankan pola hidup sehat..

    BalasHapus
  16. hai princessa..

    kalau boleh tau cek didokter mana ya??

    thanks infonya

    BalasHapus
  17. hai all.. setelah baca posting dari kalian.. berati hampir rata2 dokter ksh glukopac dan volavit.. klu pil KB bisa juga ya? tp udh 3 bulan ini aku minum belum ada hasilnya.. mdh2an bulan depan.. aminn.. cos udh 2 tahun nie.. pngn bgt punya baby

    BalasHapus
  18. hi all..

    aku umur 21 thn, belum menikah... aku didiagnosa kemungkinan PCO gara2 udah lama ga mens..
    dokter jg menganjurkan utk menurunkan BB,, 10% dari BB skrg.. dikasi metromin jg..

    baca blog ini bener2 bikin lega krn jd tau kl pasti masi bisa hamil..
    n yg pasti harus rajin ikut fitnes nih..

    thanks all..
    yg terbaik buat semuanya.

    BalasHapus
  19. hai...

    aku belum mnikah & sbulan yg lalu aku cek ke dokter kandungan krna mens telat 2 bulan alhasil q diagnosa pco, sedihhh...
    q di saranin untuk terapi hormon (luthenyl) dalam 3 bln + turunin berat badan yang mnurut ku bb ku masih di bawah normal...

    tapi harus tetap optimis kalo pco bisa sembuh,,
    senang dengar yg udah brhasil hamil,
    semangatttt guysss...

    BalasHapus
  20. hai all..

    Maret kemaren aku sempat posting.. bahwa aku di diagnosa PCO oleh dokter ku.. padahal aku termasuk punya body yang kurus lho.. tp bisa juga kena PCO.. sdh 2 th menikah dan terapi 3 bulan mengkonsumsi glukopac.. olah raga sepeda seminggu sekali... alhamdullilah akhirnya aku bisa hamil.. skrg sdh jalan 4 minggu doakan ya semoga kandungan ku sehat selalu smp hari lahirnya tiba.. semangat ya all... yang penting berusaha klu kita mmg udh pengen bgt punya baby... semoga kalian juga berhasil ya... aminn.. gudlak

    BalasHapus
  21. @Octrily : mwaaahh..selamat yah, aq jadi semangat dengarnya.. aq sih belum tau nih, pcos atau bukan, cuma memang haid ku sering tidak teratur dari sejak aq dapat haid pertama kali waktu SMP. sepertinya sih aq menurun dari ibu ku, cuma ibu ku aja bisa mengandung dan punya anak 4, berarti bisa dong, aq optimis aja. Oiya, aq sudah 9 bulan menikah, sempat awal pernikahan hamil tapi keguguran, abortus spontan. Saling mendokana yah, semoga Qita semua Dikabulkan doa untuk memiliki keturunan. Amiin..

    Di blog ku juga ada artikel tentang pcos lho, yuuuk mampir www.ratihjanu.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Dear All...

    Sebenarnya yang dimaksud PCO itu apa sech?
    Dengan pemeriksaan apa kita bisa didiagnosa PCO?

    Setelah pernikahan 6 bulan aku ke dokter dan di USG, setelah di USG rahimku baik2 saja dan normal tapi aku dianjurkan dokter untuk di HSG. Dokter tidak mengatakan apa2 karena dia bisa tahu setelah hasil hsg.

    Thx

    BalasHapus
  23. dear all,

    aku dah 2,5th menikah, baru ketauan aku positif PCO baru 4 hari yang lalu, sebelumnya akhir januari 2011 aq di usg transvaginal dgn hasil kista pada ovarium kanan ukuran 3,28, sempet stress,, tapi keluarga n temen2 support bgt karena katanya kista itu bisa hamil koq, asal makannya banyak dipantang,

    tpi setlah terapi dan pantang makanan koq masih aja blum hamil juga, penasaran aq cek laig ke dokter ternyata banyak indung telur kecil2 yg tidak matang di indung telurku,, kata dokter aku positif PCO,,, jrenggg.. kaget n stress..
    BB ku memang sudah over, harus turun 10-20kg, padahal sebenarnya normal juga koq, gemuknya cuma daerah perut aja, mens ku memang ga pernah teratur, rambutku rontok, jerawat, bulu2 kaki tebal *seperti bulu kaki laki2 itu karena androgenku tinggi, dokter kasih aku vitamin n Metformin.. untuk mengurangi insulinnya..

    saat ini aku baru mulai terapi untuk hamil, senang bisa share di blog ini, jdi tmbah semangat.. semoga kehamilan pun segera tiba padaku,, amiin,,,

    BalasHapus
  24. aq udah bulan ini di vonis pco,aq juga di kasih obat diabetes, dah coba buat diet tpi setelah sebulan berat badan qu malah naik 2 kg, dokter bilang karena aq terlalu stress ngadepin semua ini n bkin hormon di tubuh qu ngeluarin zat apa gitu nama na, yg pasti zat itu bikin berat badan malah naik bukan na turun ~
    so saran qu, buat kalian yg ngidap pco, pasrahkan diri sama yang kuasa, minum obat teratur n coba diet seimbang ~
    :)
    walaupun efek na lemes bgt pha lagi aq wanita yg harus kerja sambil ngurus kerjaan rumah tapi harus tetep semangat supaya bisa sembuh n punya baby ~
    semangath !!!
    :)

    BalasHapus
  25. Dear all,

    Pertama kali baca forum ini, aku berasa jadi ga sendiri lagi. ^^

    Aku sudah nikah hampir 6 thn (bln Desember ini jadi 6th), dan belum juga dapat momongan. Badan aku emang gemuk dari kecil. Lucunya dari awal tahun pernikahan aku, sempet meriksa ke obgyn tapi aku ga terdeteksi PCO. Cuma katanya hormon ku ga normal, akhirnya dberi smacam obat KB gitu biar ngelancarin mens. For the record, mens ku juga tidak teratur. Waktu minum obat KB itu, mens memang keluar, tapi BB jadi naik2 ke puncak gunung. Akhirnya aku stop. Kemudian, baru thn 2010 lalu, aku periksa lagi ke obgyn yg brbeda. Barulah dinyatakan bahwa didiagnosa PCO. Dokter menyarankan saya minum gluchopage 3kali/hari dan juga menyarankan untuk menurunkan BB. Setelah setahun BB ku udh turun 20kg, tapi sepertinya masih jauh perjalanan ku.

    Semenjak thn 2010 saya sudah mengkonsumsi beras merah dan juga sesekali olah raga (BL by dvd aja di rumah). Gluchopage juga masih rutin saya minum, ditambah dengan asupan minyak ikan yg 1000mg/hari, 1 sdm extra virgin olive oil setiap pagi, dan jinten hitam habbatus saudah 2 kapsul 3kali sehari.

    Rencananya bulan depan saya mau kontrol lagi. Semoga hasilnya bagus.

    Semangat semuanya! p^^q

    Btw, yg mau kenalan feel free to email ke pinkymoomoo@gmail.com ya! ^^v

    BalasHapus
  26. Thanks infonya Sist, saya juga lagi program hamil dan dokter sempat memberikan obat "Clovertil" dengan harapn sel telur akan berkembang , tapi bebrapa hari setelah minum obat itu dan kembali cek up ko dokter ternyata tetap saja telurnya kecil dan belum berkembang. Dokterpun mengatakan kalau saya harus menuunkan berat badan agar telur bisa berkembang , diawal saya kurang mengerti apa hubungannya berat badan dan kesuburan. tapi setelah baca info diatas paling ngk ada titik terang untuk alasan doketr tersebut. Ayo Olahraga :)

    BalasHapus
  27. Hi..

    saya baru nikah oktober 2011 kemarin tapi sudah pengen cepet2 pengen punya anak suami jg demikian.apalagi mama papa k2 pihak serta keponakan2 suami yang nanyain kapan punya baby..

    sedih rasanya blm hamil2 juga.pas 10hari lalu periksa sama dokter ternyata ada radang di rahim..pantes kalo abz berhubungan nyeri banget seluruh kelamin aq (sorry aga vulgar).

    10 hari kemudian setelah radang aq sembuh, saya cek lagi ke dokter, kata dokter byk sel telur yg menempel dan tidak keluar sehingga proses produksi telur terhambat dan tidak datang bulang (P.C.O) lalu dikasi obat sama dokter zendiab,primolub sama lycocy(suplemen).

    setelah baca forum ini, aq cek dengan obat aq ko ga ada yg sama yah sama kalian.haha..
    saya berobat di rumah bersalin sekalligus klinik kesuburan di daerah bogor kebetulan saya tinggal di bogor.

    saya juga disuru diet makan apel dan kurangin manis2 serta olah raga..dokter bilang kalo saya disiplin mudah2an dalam kurun waktu 6 bln bahkan kurang dari 6 bln saya bisa hamil.dokter keluarga, kakanya suamiku 22nya bisa hamil berkat klinik kesuburan dokter ini.teman2 bisa search di google Dokter Lukman Hakim.biasa praktek di Rs. BMC dan Rs. Salak bogor.

    dokter juga jelasin kl bahaya PCO itu diabetes tingkat 2 juga penyakit jantung,susah punya keturunan uda pasti.

    denger temen2 masi bisa hamil saya semangat sekali karna dr plg k dokter tadi malem saya ga bs tdr takut ga bs hamil.sebisa mungkin saya ga stres krn kl stres bawaan nya lapar.itu kt dokter yg bahaya. berat saya memang naek 10 kilo dalam 2 tahun dan disuru nurunin 10 kilo dalam waktu 6bln.mudah2an bisa..hahahaha

    BalasHapus
  28. hai all, aku anna, udah 5 tahun nikah belum hamil. terakhir periksa katanya PCO, tapi kok malah disuruh Laparoscopy yah? padahal baca komen temen2 kok ga ada yang bahas laparoscopy? udah googling juga dan katanya resikonya tinggi tuk larascopy. ada yang bisa kasih saran ga? agak desperate juga nih... :(

    BalasHapus
  29. Haiii all udh baca postingannnn ku sblmnyakan.. Aku di vonis pco dan hamper 2 thn nunggunya ... Akhirnya aku hamil... Dan skrg aku udh punya 2 baby.. Dari Anak pertama aku mmg gk KB krn aku pikir ntar dpt ya lama lagi... Ehhh gk taunyaaa.. Baby msh 3 Bln aku dah hamil lgi... Hehehe.. Alhamdullilah rezeki lagi... So jgn putus Asa walaupun di diagnose pco ya all.... YTP semangatttt berusaha dan hidup sehat.. Itu penting...

    BalasHapus